Batu alam untuk Dapur


Batuan alam merupakan salah satu material favorit untuk dijadikan meja konter dapur. Penggunaannya bukan hanya karena fungsi yang mumpuni, tapi juga tampilan artistik yang dihadirkan.

Ya, beberapa jenis batu alam mampu menghadirkan nuansa tersendiri di dapur. Misalnya desain dapur yang tampak minimalis nan elegan bisa tampil maksimal dengan penerapan jenis batu alam tertentu.

Masyarakat sendiri juga semakin banyak yang tertarik memakai jenis-jenis batu alam untuk mempercantik desain dapur. Khususnya batu alam untuk dijadikan meja konter.

Namun, sebelum Anda berburu batu alam untuk meja dapur, sebaiknya jawab 3 pertanyaan berikut terlebih dahulu. Pertanyaan yang bisa membantu Anda mendapatkan batu alam yang tepat sesuai dengan keinginan, kebutuhan, dan anggaran.



1. Apa Motivasi Anda Memilih Desain Meja Konter?
Hal pertama yang perlu Anda jawab ialah motivasi Anda memilih desain meja konter. Ingin fokus pada tampilan visual dan tak masalah jika mengesampingkan sisi keawetan?
Jika ya, batu alam jenis marmer adalah yang paling sesuai. Tampilan marmer menawarkan keindahan dan tampil elegan. Marmer juga jadi salah satu favorit masyarakat. Namun, marmer terbilang kurang awet. Teksturnya lebih lembut dan mudah keropos, daripada batuan lainnya. 
Sedangkan bila membutuhkan material konter yang mudah perawatan, Anda bisa melirik batuan kuarsa buatan. Jenis batu ini tidak memiliki pori sehingga mudah dibersihkan. 
Lalu, bila ingin meja yang awet dan praktis, jenis batu granit bisa jadi pilihan terbaik. Material satu ini terkenal tahan lama dan bisa meningkatkan nilai jual rumah. Perawatannya juga terbilang mudah, sehingga jenis batu ini lumayan disukai masyarakat.


2. Bagaimana Anda Akan Menggunakan Meja Konter di Dapur?
Penggunaan meja untuk kegiatan di dapur juga berpengaruh pada pemilihan jenis batu yang tepat. Bila Anda sering memanggang, batu marmer jadi pilihan terbaik. Sifat batu ini dingin dan pas untuk udara panas saat memanggang di dapur.
Bila Anda sangat sering menggunakan dapur, maka jenis granit layak dipertimbangkan. Karakteristiknya yang kuat dan awet akan memberikan rasa nyaman dan aman tersendiri.
Sedangkan jika lebih butuh dapur yang simpel, praktis, dan tanpa perawatan rutin, maka batu kuarsa bisa jadi pilihan. Material nya tak mudah ternoda dan gampang sekali dibersihkan.


3. Berapa Anggaran Anda?
Menyesuaikan anggaran dengan jenis batu alam untuk meja dapur perlu juga dipertimbangkan. Ini karena harga batuan alam terbilang cukup mahal. Material yang dikenal paling mahal ialah batu marmer. Bila ingin marmer yang terjangkau, jenis Carrara bisa jadi pertimbangan.
Sementara jenis batu granit harganya sedikit terjangkau, utamanya batu granit jenis labrador hijau. Selain itu, ada warna pilihan lainnya yang cukup ramah di kantong seperti venetian gold, cokelat pucat dan white kashmir.
Pertimbangkan kesesuaian antara keinginan membeli batu alam idaman, kebutuhan, dan juga anggaran. Jenis batu alam cukup beragam menurut harga dan kualitasnya. Jadi, jeli dan lebih cermat memilih batu alam untuk meja dapur, agar mendapatkan yang tepat dan terbaik untuk hunian Anda.